Minggu, 02 Oktober 2011

Uninstall aplikasi di Macintosh

Sebelumnya saya sudah membahas bagaimana menginstall aplikasi di Mac OS X dan di mana mencari/download aplikasi untuk Mac OS X. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghapus/uninstall/remove aplikasi di Mac OS X.

Aplikasi biasanya terinstall di folder Applications. Di Finder biasanya sudah tersedia di panel sebelah kiri pada section PLACES.

Sebenarnya kita bisa langsung menghapus aplikasi lewat finder yaitu dengan klik kanan move to trash. Cara tersebut tidak dianjurkan karena hanya menghapus aplikasinya saja, padahal tiap aplikasi mempunyai file-file konfigurasi, preferences, cache maupun temporary file yang tercipta ketika aplikasi tersebut dijalankan/diinstall. File-file tersebut biasanya tersebar di beberapa tempat seperti di /Library, /System maupun di ~/Library yang kalau dibiarkan hanya akan menghabiskan space hardisk.

Metode berikut ini sangat dianjurkan kalau anda ingin meng-uninstall aplikasi:
  • Uninstaller, kadang ketika kita install aplikasi (open file .dwg) selain file .app, kita juga disediakan shortcut untuk uninstaller-nya. Beberapa aplikasi dari vendor macam Adobe bahkan sudah menyediakan shortcut untuk uninstall produk mereka di folder Applications. Metode ini sangat dianjurkan untuk uninstall aplikasi. Sayangnya tidak semua aplikasi menyediakan uninstaller-nya.
  • Menggunakan Third party uninstaller software macam AppDelete, AppZapper. Software ini mampu mendeteksi file-file apa saja yang berhubungan dengan suatu aplikasi dan mampu membersihkannya dengan tuntas. Kita juga diberi opsi apakah mau menghapus file-file tambahan tersebut atau tidak.

    Buka AppDelete atau AppZapper, drag n drop aplikasi yang akan dihapus dari folder Applications ke window AppDelete atau AppZapper, kemudian akan muncul file-file yang berhubungan dengan aplikasi tersebut, hilangkan tanda centang untuk file-file yang menurut anda masih anda perlukan, tekan tombol delete dan aplikasipun terhapus dari komputer.
    AppDelete dan AppZapper adalah program komersil, jadi anda harus membayar jika ingin memakainya. Program serupa yang free adalah AppCleaner, dapat didownload secara gratis di http://freemacsoft.net/#

1 komentar:

  1. downloadnya free tp remove junk dan uninstall dll tetep aja hrus beli

    BalasHapus