Sabtu, 01 Oktober 2011

Install Apache MySQL PHP 5.2 di Snow Leopard

Sebenarnya sudah ada PHP built in di Mac OS X Snow Leopard, namun versinya sudah PHP 5.3.x. Bagi yg masih belum siap dengan PHP 5.3 tentunya bakalan sedikit kecewa. Alasan utama saya downgrade ke PHP 5.2 salah satunya karena zend optimizer belum support PHP 5.3. Padahal di websitenya zend sudah ada distribusi zend loader untuk PHP 5.3, namun setelah coba install ternyata tak berhasil. Mungkin karena kompilasi extension-nya masih menggunakan arsitektur 32bit sedangkan PHP yg ada di Snow Leopard sudah 64bit atau mungkin saya aja yang bego ;-)

Untungnya ada paket XAMPP, namun untuk nyari yg support PHP 5.2 kita harus nyari XAMPP yg versi 1.0.1 karena setelah versi tsb PHP-nya sudah versi 5.3.x. Setelah bolak balik nyari akhirnya ketemu juga di sourceforge.net. Download XAMPP 1.0.1 di sini.

Instalasi XAMPP juga sangat simple, tinggal double-klik file xampp-macosx-1.0.1.dmg lewat finder terus drag folder XAMPP ke folder Applications.






Untuk mengaktifkannya tinggal double-klik XAMPP Control.app yang ada di folder /Applications/XAMPP







Truss tinggal jalankan Apache dan MySQL dengan mengklik tombol start yg ada di sampingnya. Untuk menguji apakah webserver udah jalan, buka browser dan masukkan alamat http://localhost


XAMPP tidak meng-overwrite Apache dan PHP bawaannya Snow Leopard, sehingga kalo nanti mau balik lagi make default Apache dan PHP5.3 tinggal delete XAMPP dari folder Applications.

Catatan:
  • Kalo sebelumnya anda sudah pernah mengaktifkan Apache dan PHP defaultnya Snow Leopard, non-aktifkan lagi keduanya dengan menghilangkan tanda centang di depan Web Sharing (System Preferences->Sharing)
  • Kalo anda ingin uninstall XAMPP tinggal hapus folder XAMPP dari folder /Applications. Pastikan dulu Apache Mysql FTP sudah di-stop sebelum uninstall.
  • Untuk menggunakan PHP5.3 default bawaan Snow Leopard, tinggal aktifkan lagi web sharing lewat System Preferences->Sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar