Minggu, 26 Februari 2012

Tombol PC yang tidak ada di Mac OS X

Beberapa tombol yang sering digunakan di PC/Windows tidak tersedia di Mac. Anda yang sering melakukan pekerjaan mengetik tentu akan sedikit kerepotan ketika harus beralih ke Mac. Namun tidak usah khawatir karena masih ada trik-trik untuk mendapatkan fungsi tombol-tombol tersebut. Berikut ini adalah beberapa tombol yang hilang tersebut.

1. Home
Tombol ini tidak ada di MacBook, sebagai gantinya anda bisa pakai kombinasi tombol Control+A atau Command+Panah kiri

2. End
Tombol ini juga tidak ada di MacBook, sebagai gantinya anda bisa pakai kombinasi tombol Control+E atau Command+Panah kanan

3. BackSpace
Tombol ini memang tidak ada di Mac OSX, sebagai gantinya anda bisa pakai tombol Delete. Memang agak membingungkan pada awalnya karena kalau kita menekan tombol delete saat sedang mengetik maka karakter yang terhapus adalah karakter di sebelah kiri cursor (sama kalau kita tekan tombol backspace di Windows). Singkat cerita, tombol Delete di Mac sama fungsinya dengan tombol Backspace kalau di Windows. Selain menekan tombol Delete, anda juga bisa menekan Control+H untuk mendapatkan hasil yang sama.
Sedangkan untuk menghapus karakter di kanan cursor (tombol delete windows), anda bisa pakai kombinasi tombol Control+D atau Fn+Delete.

Catatan:
Selain tombol Control seperti halnya di Windows, di Mac juga ada tombol Command. Bedakan antara tombol Control dan Command. Banyak shortcut di Windows yang memakai tombol Control digantikan tombol Command kalau di Mac, walau tidak semuanya seperti itu.

Misal:
Shortcut untuk Select All adalah Control+A (Windows) dan Command+A (Mac), namun di Mac juga ada Control+A yang fungsinya sama dengan menekan tombol Home pada Windows

4 komentar:

  1. Wah, bermanfaat buat pengguna mac newbie seperti saya
    thanks yah

    BalasHapus
  2. Kereeen ilmunya..sangat bermanfaat buat saya yg gunakan mac di kantor baru..thanks bgt

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat bagi pemula, thamks for sharing

    BalasHapus